Total Tayangan Laman

Senin, 14 November 2011

Persamaan dan Perbedaan antara Drama korea favoritku dan Sinetron Indonesia favorit tanteku



Hm dari judulnya udah ketauan kalo post yg satu ini ngebahas persamaan dan perbedaan dari drama Korea dan sinetron Indonesia (seperti biasa berdasarkan pengalaman pribadi). Sebenernya ga bermaksud ngebanding - bandingin, tapi ya ga d bandingin juga tetep ada perbandingannya.Iinti dari tulisan ini bukan untuk ngebandingin mana yang lebih bagus dan mana yang lebih jelek. Tetapi cuman buat mengungkap persamaan dan perbedaannya aja ko. Berikut persamaan dan perbedaan drama korea dan sinetron indonesia saat ini:

A. Persamaan
1. Penggemarnya sama - sama kaum wanita
2. Mempengaruhi trend baik dari segi fashion, maupun dari cara bicara
3. Jadi bahan obrolan sepanjang waktu bagi para peminatnya
4. Memiliki lagu / ost andalan
5. Aktor dan aktis yang ganteng dan cantik punya
6. Para pemain yang multi tallent (ada yang bilang aji mumpung, tapi ya terserah toh pendapat tiap orang biasanya selalu beda)
7. Membentuk kebiasaan dan gaya hidup masyarakat
8. Cerita yang cenderung melankolis dan atau romantis
9. Alur yang lebai namun tetap menarik untuk disimak
10. Berpengaruh terhadap situasi pasar misalnya banyak pedagang yang menjual barang yang mirip dengan yang ada di acara tv yang lagi in di masyarakat (contohnya model kerudung yang persis dipakai oleh sang artis banyak dijual dipasaran)

B. Perbedaan
1. Dari segi waktu penayangan
Drama korea cenderung lebih singkat ( biasanya 12 - 30 episode ) dibandingkan dengan sinetron Indonesia yang bisa sampai ratusan episode di setiap judulnya
2. Dari jenis penggemarnya
Walaupun keduanya sama - sama sangat diminati oleh kaum wanita, namun ada perbedaan yang cukup jauh dari segi umur penonton. Drama Korea biasanya lebih diminati oleh remaja dan ABG (berarti aku termasuk ABG kali y,, heee). Sedangkan sinetron Indonesia cenderung lebih disukai oleh ibu - ibu setengah baya.
3. Dari segi judul dan alur cerita
Ada beberapa drama Korea yang mengambil judul mirip judul film barat yang terkenal, tetapi yang mirip hanya judulnya saja, sedangkan isinya jauuuh berbeda. Nah kalau sinetron Indonesia biasanya mengambil judul yang berbeda dari film manapun di dunia, hanya saja alur ceritanya cenderung mirip dengan film/ drama yang ada d negara lain.
4. Dari segi tema
Sebenarnya keduanya memiliki tema yang jelas di setiap judulnya. Namun tema pada sinetron cenderung tidak konsisten dan dapat diubah untuk disesuaikan dengan keinginan masyarakat. Sedangkan tema pada Drama korea cenderung lebih konsisten.
5. Dari segi pewarisan budaya
Nah ini nih yang menurut aku merupakan hal yang saaangat penting dalam sebuah tontonan yaitu transfer budaya. Secara objektif, menurut aku sinetron Indonesia kurang memperdulikan budaya Indonesia yang sangat kaya ini. Hal ini sangat berbeda dengan drama Korea. Yups di semua drama Korea yang pernah aku tonton, baik yang ceritanya tradisional ataupun modern, semuanya pasti mengandng unsur budaya yang sangat kuat. (kalo boleh jujur alasan ini lah yang bikin aku kagum sama drama Korea)
6. Dari segi isi cerita
Sebenarnya keduanya memiliki isi cerita yang sama yang cenderung bercerita tentang cinta yang super romantis. Namun sinetron Indonesia isinya cerita cinta yang dikemas secara serius. Sedangkan drama korea biasanya berisi cerita cinta yang dikemas dengan lebih ringan dan lucu.
7. Dari segi pendidikan
Drama korea menyampaikan banyak pengetahuan, misalnya ketika tema dari film tersebut adalah memasak maka di dalam drama tersebut pasti berisi berbagai ilmu mengenai memasak baik yang besifat teoritik maupun yang bersifat praktis. Sejauh ini aku belum nemuin sinetron yang berisi pendidikan (kecuali yang sifatnya moral dan sosial misalnya menolong orang dan memberi sodakoh).

Itulah beberapa persamaan dan perbedaan antara drama Korea dan sinetron Indonesia berdasarkan pengalaman dan pengamatan pribadi. Semoga industri sinetron dan film di Indonesia bisa lebih baik terutama dalam hal budaya dan pendidikan (request pribadi :D). semoga bermanfaat. kalau bukan kita yang menjaga dan mewariskan budaya kita yang sangat kaya ini, ya siapa lagi? mari rawat dan jaga budaya warisan leluhur kita (kalau ga dijaga bisa - bisa dicuri dan diakui oleh bangsa lain lho )

semoga bermanfaat :D

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar